5 Juni Zona Emas Kosong Lagi

Kendari Pos 2009-05-20/Hal.5

Pasca rapat koordinasi Muspida Sultra di kantor Gubernur,  Rabu (7/5) lalu, Pemkab Bombana akan memulai melakukan sosialisasi pengosongan zona emas jilid dua di wilayah Bombana. Hal ini dibenarkan Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera yang dihubungi via seluler menyatakan “Sesuai kesepakatan rapat saat itu, semua unsur Muspida dari Pemkab dan Pemrov menyepakati pengosongan akan segera diaktifkan. Terhitung tanggal 6 Juni nanti, pendulang tradisional maupun semi modern sudah harus keluar dari daerah tambang”.

Tapi Subhan Tambera,  belum bisa memastikan tenggak waktu sampai kapan sosialisasi akan dilakukan. Namun beliau berjanji sehari sebelumnya tanggal 5 Juni semua areal penambangan sudah harus kosong dari berbagai aktivitas pertambangan. Khusus bagi para investor yang telah mengantongi izin Kuasa Pertambangan (KP), mereka tetap diberikan kebijakan untuk melakukan kegiatan persiapan infrastuktur seperti membangun pondasi untuk  base camp dan mempersiapkan mesin pendulang di daerah areal yang telah ditentukan nanti. Pengosongan tambang emas Bombana nantinya tidak hanya melibatkan Pemkab Bombana namun melibatkan Pemrov, Polres Bombana yang akan dibantu Polda Sultra, serta dari TNI.

Sebelumnya, pada rapat koodinasi bersama Muspida Gubernur Sultra, Nur Alam kembali menegaskan akan segera melakukan pengosongan di zona emas Bombana. Sehingga memudahkan tim untuk melakukan identifikasi lahan sesuai status, fungsi, dan pemiliknya. Sekaligus untuk melakukan pendataan  kembali wilayah yang mana tambang rakyat, industri serta wilayah yang diperuntukkan bagi pemanfaatan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: