Pemkab Harus Beri Kemudahan Kepada Rakyat Penambang

Kendari Ekspres 2009-05-15/Hal.8

Menurut Sabaruddin Labamba, anggota Komisi C DPRD Sultra, menyatakan bahwa pemerintah khususnya Pemkab Bombana memberikan kemudahan kepada penambang rakyat yang akan mendulang emas di Bombana.”Penambang rakyat tidak bisa dihilangkan. yang harus diatur adalah soal regulasi.Untuk itu perlu diatur jika emas yang didulang berasal dari lahan warga biarkan diatur antara pemilik lahan dengan pendulang, ungkap Sabaruddin,Selasa lalu (12/5).

Begitu pula dengan Pemkab Bombana, ketika akan mengeluarkan izin KP kepada investor yang ingin menanamkan modalnya untuk tambang emas.Tidak bisa begitu saja mengusir pendulang rakyat justru para investor dengan warga Bombana harus duduk bersama.

Terkait dengan masalah ganti rugi terhadap lahan rakyat yang diklaim oleh Pemkab Bombana untuk para investor harus juga dihargai.”Transparansi itu penting dalam pengelolaan tambang tidak bisa ditutup-tutupi”.Sebelum mengeluarkan izin KP, Pemkab harus terlebih dahulu melihat track record investor yang ingin menanamkan modalnya,ungkapnya.

Tidak seperti apa yang terjadi sekarang di Bombana dimana Pemkab tidak transparan dalam mengelola emas di Bombana. sehingga yang terjadi seperti sekarang ini, dimana-mana warga Bombana menolak kehadiran investor penambang emas di daerahnya. Maka dari itu, perlu ada sinkroknisasi antara pemkab dengan Pemrov, sehingga tugas Gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat bisa dilihat.Jangan mengganggap bahwa Gubernur tidak punya kewenangann tentang ini, ujar Sabaruddin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: