FRBB Desak Identifikasi Hutan dan Tanah Bombana

Kendari Pos 2009-05-14/Hal 6

Massa FRBB (Front Rakyat Bersatu Bombana), Rabu kemarin (13/5) kembali melakukan aksinya di kantor Dinas Pertanahan dan Dinas Kehutanan Sultra. Aksi ini bertujuan untuk mendesak agar kedua Dinas tersebut segera melakukan identifikasi tanah ulayat dan kawasan hutan di Bombana. Menurut Sieltjie Ona P, pejabat di Dinas Kehutanan yang bertemu dengan massa FRBB menyatakan bahwa “Kami akan segera melakukan identifikasi kasus tanah ulayat di Bombana. Namun hal ini juga akan tetap dikoordinasikan bersama Dinas Kehutanan.” Di Dinas Kehutanan, massa FRBB bertemu dengan Wakadis Kehutanan Sultra, H.Haris. Menurut H.Haris, pihaknya akan berkoordinasi dengan gubenur Sultra dan meminta Pemrov membentuk tim khusus dan kemudian akan ke Bombana.

Dalam orasinya, Amran sebagai Koodinator lapangan massa FRBB menyampaikan beberapa pernyataaan sikap yang membuat rakyat Bombana tidak tenang karena rakyat dilarang masuk ke lokasi perkebunannya, jalan rakyat menuju ke lokasi pertananian/perkebunan diboikot para investor pertambangan, jalan dan jambatan rakyat rusak oleh investor pertambangan. Selain itu, terjadinya kekeringan air di areal persawahan di SP 1 sampai SP 9 serta menjadi ancaman sekabupaten Bombana.Yang parah akibat dari ulah penambangan investor yakni terjadinya tindakan pelanggaran HAM terhadap rakyat yang dilakukan para preman dan aparat kepolisian yang disewa oleh investor pertambangan yaitu PT. Panca Logam Makmur.

Berdasarkan itu, maka massa yang tergabung dalam FRBB mendesak secara tegas DPRD Prov. Sultra, Badan Pertanahan dan Dinas Kehutanan, agar dan harus mengeluarkan rekomendasi pemberhentian investor sampai persoalan tanah ulayat diselesaikan. Di DPRD Sultra massa diterima anggota Komisi C Hasid Perdana, dan Hoesein Efendy. Aksinya yang semula damai berubah gaduh. Koodinator lapangan meminta massa untuk segera meninggalkan kantor DPRD karena aksinya tidak disikapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: