Demo Lagi Tolak Investor

Kendari Ekspres 2009-05-14/hal.1

Massa Forum Rakyat Bombana Bersatu (FRBB) Sultra kembali melakukan aksinya Rabu kemarin (13/05), dalam aksinya massa FRBB masih menuntut penolakan terhadap investor tambang emas di Bombana yang banyak merugikan masyarakat Bombana. Aksi FRBB dimulai dari simpang tiga Kampus Baru Unhalu Kendari, dan berakhir dikantor DPRD Sultra. Sejumlah instansi pemerintah, seperti Dinas Kehutanan dan Badan Pertanahan Provinsi, juga didatangi massa FRBB. Menurut  salah orator dalam aksi tersebut menyatakan “Warga Bombana saat ini merasa terganggu dengan kehadiran para investor. Warga Bombana dituduh mencuri didaerahnya sendiri, ini  semua tidak lepas dari ulah para investor dan Pemkab Bombana, yang membiarkan ini terjadi. Kami meminta agar seluruh rakyat Bombana bersatu melawan ketidakadilan ini,” ungkap Arwa.

Massa FRBB dalam aksinya di depan kantor DPRD Sulta, membacakan pernyataan sikap warga Bombana berisikan hal mendasar yakni: Warga Bombana dilarang masuk lokasi perkebunannya sendiri, jalan menuju lahan perkebunan rakyat diboikot para investor tambang, jembatan umum dirusaki investor, terjadinya kekeringan air di areal persawahan, tindakan pelanggaran HAM yang dilakukan preman dan oknum aparat yang disewa investor, dan tidak dihargai hak ulayat masyarakat.

Oleh karena itu, massa FRBB Sultra menghimbau Pemprov Sultra, terutama Dinas Kehutanan dan Badan Pertanahan Sultra, segera melakukan identifikasi lahan dan menyelesaikan masalah tanah ulayat sampai tuntas. Massa FRBB meminta Bupati Bombana, Dinas Kehutanan, Dinas Pertambangan dan Badan Pertanahan Bombana segera lengser dari jabatannya karena belum bisa menyelesaikan masalah tersebut. Selain berorasi, FRBB juga membagi-bagikan pernyataan sikap kepada kendaraan roda dua dan empat yang sempat berpapasan dengan massa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: