ASKB Minta Aktifis Walhi Dibebaskan

Kendari Ekspres 2009-05-14/Hal.7

Puluhan aktifis yang tergabung ASKB (Aliansi Solidaritas Kebebasan Berpendapat)  menggelar orasi di kawasan tugu Kirab Kota Baubau sekitar pukul 10.00 Wita. Aksi sejumlah aktivitis tersebut dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas penangkapan akifis Walhi oleh aparat kepolisian Manado. Mereka pun meminta kedua aktifis Walhi yang ditangkap segera dibebaskan. Aktifis Walhi yang ditangkap itu antara lain, Berry Nahdian Furqan, Direktur Eksekutif Walhi dan Erwin Usman, salah seorang Deputi Walhi. Keduanya ditangkap aparat kepolisian karena diduga sebagai penanggungjawab aksi yang tidak mengantongi izin dari aparat kepolisian Manado.

Aktivis Walhi melakukan aksinya di sela-sela pertemuan Word Ocean Confrence  (WOC) yang sedang berlangsung di kota Manado mulai tanggal 11 sampai 15 Mei 2009 yang dihadiri enam kepala negara dari anggota Coral Triangle Initiative (CTI). Menurut mereka pertemuan WOC tidak membahas masalah substansi yang penting dan urgen untuk dibahas, melainkan tindakan mencemari lingkungan dan meminggirkan rakyat atas sumber kehidupannya yang seharusnya menjadi agenda yang harus dibahas dalam pertemuan tersebut. Aksi massa berjumlah kurang dari 200 masyarakat sipil tergabung dalam Manado People Aliance (MPA).

Setelah menggelar orasinya di kawasan tugu Kirab, puluhan aktifis itu bergerak menyusuri sudut kota Baubau sambil berorasi. ” Reformasi masih stagnan. Masih banyak kekerasan yang dilakukan aparat. Baik kekerasan terhadap perempuan maupun pelanggaran HAM, masih banyak terjadi,” kata salah seorang aktifis, Farida.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: