Pemrov Bentuk Tim Koordinasi

Kendari Pos 2009-05-12

Masalah persengketaan tanah masyarakat Wumbubanka di Bombana menjadi perhatian Pemrov Sultra, ini terbukti akan dibentuknya Tim Koordinasi Penyelesaian Tanah. Tim ini terdiri dari berbagai dinas dan badan lingkup di Sultra yang terkait dengan masalah pertanahan seperti Badan Pertanahan (BPN), Dinas Kehutanan, Kesban Linmas, dan Dinas ESDM.

Pada saat ditemui diruang kantornya Asisten I Pemrov Sultra, Nur Andi Baso membenarkan tentang pembentukan tim koordinasi tersebut. Tim Koordinasi Penyelesaian Tanah akan diposisikan sebagai hasil fasilitator. Tim ini nantinya akan melakukan identifikasi masalah yang berkaitan dengan persengketaan tanah. Tugas-tugasnya memfasilitasi, kemudian menemu kenali persoalan dan mencari jalan keluarnya.

Secara panjang lebar Nasir Andi Baso menjelaskan tugas tim nantinya tidak spesifik pada wilayah tertentu seperti di Bombana tapi lebih bersifat umum. Untuk sementara waktu, tim ini akan lebih memprioritaskan kasus persengketaan tanah ulayat di Bombana yang sekarang kasusnya sedang mencuat. Selain di Bombana, sebenarnya masih ada daerah lain di Sultra yang teridentifikasi kasus persengketaan tanah. Untuk itu Dinas BPN sedang melakukan identifikasi.

Menurut Nasir, masalah persengketaan tanah tidak mudah diselesaikan karena melibatkan berbagai aspek terutama banyak pihak merasa tanah itu miliknya. Penyelesaian persengketaan tanah sebaiknya dilakukan secara bertahap melalui pendekatan dengan pola-pola koordinasi antar pihak yang terlibat dan mengutamakan jalan musyawarah untuk mencari jalan keluarnya, bukan melalui investigasi.

Terkait dengan sengketa tanah di Bombana maka pihaknya akan melakukan identifikasi yang kemudian hasilnya akan dikoordinasikan dengan pemangku kebijakan di daerah tersebut. Sengketa tanah di Bombana sulit diselesaikan karena potensi emasnya yang selalu jadi incaran masyarakat lokal maupun dari para investor. Dengan demikian, peran pemerintah sangat diperlukan untuk lebih meningkatkan pelayanan publik di daerahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: