Matsui S Wakatobi Jadi Perhatian Dunia

Kendari Ekspres 2009-05-12

Staf ahli JICA (Japan Internasional Cooperation Agency) Matsui S asal Jepang bertemu dengan sejumlah masyarakat dan organisasi masyarakat Wakatobi. Dalam pertemuan tersebut Matsui menyatakan Wakatobi telah menjadi perhatian dunia karena Wakatobi memiliki ekosistem terumbu karang terkaya dunia. Menurut Matsui, Wakatobi merupakan kawasan yang termasuk segitiga karang dunia. Untuk itu, masyarakat dunia perlu melakukan penyelamatan keberadaan terumbu karang. Mengingat manfaat terumbu karang sangat besar manfaat dan perannya untuk lingkungan dunia. Manfaatnya mulai dari obat-obatan, kosmetik dan tak kala lebih pentingnya terumbu karang menjaga keseimbangan ekosistem dan menekan laju pemanasan global.

Pemerintah Jepang melalui JICA, tengah melakukan penjejakan untuk membentuk satu program penyelamatan terumbu karang yang akan mengikutsertakan partisipasi dari masyarakat lokal. Pihak JICA mulai berpikir bagaimana menciptakan Wakatobi sebagai daerah yang bisa melakukan konservasi yang bersumber dari masyarakat lokal. Nantinya, diharapkan konservasi ini akan berjalan dan masyarakat lokal bangga memiliki Wakatobi.

Maka dari itu, masyarakat mulai sekarang mengadakan kearifan lokal yang bisa dikembangkan oleh masyarakat Wakatobi. Seperti mendokumentasikan cerita rakyat yang bertemakan pelestarian terumbu karang yang ada sejak dulu. “Kita harus berpikir bagaimana menciptakan suatu program konservasi dari masyarakat yang nantinya kita akan sesuaikan dengan kebijakan global yang lebih pada pendekatan GPS. Kalau masyarakat lokal bisa menerapkan ini daerahnya maka saya yakin dunia internasional akan belajar dari Wakatobi, ungkap Matsui.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: