Tambang Emas Bombana Dipantau Langsung Presiden

Kendari Ekspres 2005-05-06/ Hal.8

Menurut Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Nur Alam SE, saat menemui demonstran masyarakat Bombana serta mahasiswa di kantor gubernur kemarin (4/5), mengungkapkan bahwa persoalan tambang emas di Bombana dipantau langsung oleh presiden Republik Indonesia.

Hal tersebut terkait dengan sejumlah keluhan masyarakat tentang Bupati Bombana, Atikurahman. “Bila daerah sudah tidak mampu lagi mengatasi berbagai persoalan yang muncul dalam proses penambangan itu, maka pemerintah pusat akan turun tangan,” ungkap Nur Alam.

Dalam aksi tersebut masyarakat Bombana membeberkan sejumlah tabiat buruk Atikurahman dan PT Panca Logam. “Atikurahman sudah sangat otoriter memperlakukan rakyat Bombana. Bayangkan saja, pemerintah Bombana banyak menyewa pembunuh bayaran demi memuluskan setiap keinginannya,” ungkap Abidin.

Menurut Abidin, kondisi masyarakat Bombana saat ini sungguh sangat mengkhwatirkan karena masyarakat sudah tidak bisa lagi melintas areal penambangan meskipun itu hanya mau ke kebun sendiri. Pernyataan tersebut diperkuat tokoh masyarakat lainnya, Syamsudin. “Kami tidak akan pernah mundur sampai kasus ini dituntaskan pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara”. Aksi demonstran tersebut mendapat kawalan ketat dari aparat kepolisian dan satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: