Penyedikan Arief Manente Bukan Kewenangan Polda Sultra

Media Sultra  2009-05-04

Menurut  Polda Sultra terkait dengan kasus perusakan lahan yang dilakukan oleh Muh. Arif Manente yang merupakan ahli waris kawasan ulayat, maka pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Tapi merupakan kewenangan dari Pihak Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Seperti dijelaskan pada pasal 39 ayat 1 Peraturan Pemerintah RI Nomor 45 tahun 2005. Menurut pihak pengacara Arif Manente, pihak yang paling berwenang dalam penyeledikan kasus tersebut adalah pihak PPNS bukan penyidik kepolisian. Selain itu ada kontradiksi dalam kasus ini dimana pihak pelapor, Atikurahman sebagai Bupati Bombana justru tidak dijadikan sebagai saksi dalam kasus pemeriksaan.

Untuk itu, Dahlan Moga SH akan segera mempra-peradilkan kasus tersebut ke Polda Sultra. Selain itu, pihak Dahlan Moga sebelumnya akan mengkordinasikan kasus ini ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), karena menurutnya ada pelanggaran yang dilakukan oleh Pihak Polda Sultra terhadap kliennya Arief Manente.

Pihak Polda sendiri belum bisa menentukan bahwa lahan tersebut merupakan kawasan hutan, selama ini bukti yang di dapat masih dari pihak-pihak saksi. Secara hukum Arief Manente merupakan ahli waris yang sah atas lahan Peopahara/Walaka Desa Wumbu Bangka yang merupakan hasil musyawarah pertemuan keluarga, tapi dengan adanya laporan Bupati Bombana maka menurutnya telah terjadi pelanggaran hak rumpun keluarga Wumbubangka dan Pangkuri. Mengenai hak pemilik tanah rumpun Wumbubangka dan Pangkuri telah diakui oleh Dinas Kehutanan dan Camat Rowatu utara, dengan format hukum dengan menandatangan pengukuran tanah seluas 2.276 hektar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: