Unjuk Rasa Rakyat Bombana Kembali Berlanjut

Kendari Pos 2009-05-01

Sejumlah massa Front Rakyat Pembebasan Bombana(FRBB) melanjutkan aksinya kemarin di perempatan MTQ. Dalam aksinya FRBB  mendesak Gubernur Sultra Nur Alam, untuk segera memanggil Bupati Bombana untuk mempertanggungjawabkan atas tindakannya yang mengeluarkan izin Kuasa Pertambangan (KP). Selain itu, Gubernur juga di desak untuk segera membentuk tim independent dalam penyelesaian persoalan hak kepemilikan masyarakat Bombana.

Para pengunjuk rasa menilai Pemkab Bombana belum bisa menyelesaikan masalah tersebut. Pihaknya merasa izin KP yang dikeluarkan oleh Pemkab Bombana cacat hukum serta masih ada kontradiksi dalam penerapannya. Berdasarkan hasil investigasi pemberian izin KP oleh Pemkab Bombana yang sudah berjumlah 12 KP. Bahkan ada yang sudah mengantongi izin eksplotasi serta penjualan hasil tambang seperti PT Panca Logam Makmur. Mereka juga mengeluhkan pihak perusahaan yang menguasai lahan masyarakat, dengan menggunakan aparat kepolisian untuk menghalangi masyarakat masuk kebunnya sendiri.

Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat dari pihak Kapolresta Kendari. Menurut AKP Satya Widhy, pihaknya akan mengawasi langsung jalannya aksi FRBB. Bahkan ruas jalan perempatan MTQ dialihkan akibat aksi tersebut. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: