Pemilik Tanah Ulayat “ Emas” Ditahan Polisi

Kendari Pos  2009-05-01

Atikurrahman sebagai Bupati Bombana masih perlu dipertanyakan kewibawaannya, hal ini berkaitan Bupati tersebut langsung melaporkan warganya sendiri, terkait perusakan hutan yang dilakukan oleh Arief Manente, yang mengklaim sebagai pemilik di Zona Wumbubangka, SP VIII, dan, SP IX. Laporan tersebut langsung ditujukan kepada Kapolda Sultra, sesuai surat nomor 552/139/2009 tertanggal 18 Februari 2009. Disebutkan bahwa Arief Marente telah melanggar UU nomor 23 tahun 1997 tentang Lingkungan Hidup dan UU nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan. Berdasarkan laporan dari Investasi Dinas Kehutanan Bombana dan Camat Rarowatu Utara, bahwa tersangka telah melakukan penggalian yang dihentikan tetapi tersangka belum mengeluarkan peralatan penggaliannya.

Dari pihak tersangka menyeruhkan agar polisi memproses kasus tersebut sesuai mekanisme yang berlaku. Karena ini baru pertama kalinya seorang Bupati melaporkan warganya sendiri. Lebih lanjut menurut Dahlan, pihak Polda Kendari harus konsisten tidak hanya menahan Arief Menente, tetapi juga harus menahan 300 pemilik lahan ulayat lainnya.

Ditempat terpisah, Mapolda Sultra masih terkesan tutup mengenai masalah tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Fahrurrozi bahwa kedatangan Atikurrahman dan Hailkal hanya berupa kunjungan biasa. Menurut Kabid Humas dalam kasus Arief Menente, dan siapa pun pelakunya yang melakukan pelanggaran hukum, tetap akan menjalani sanksi sesuai prosuder yang berlaku. Namun sayang pernyataan tersebut sangat kontraproduktif terkait kasus Sekab Bombana, Idrus Effendy Kube yang belum ditahan.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: