Rawa Aopa Watumohai, Surga bagi Pengamat Burung

Oleh; Abdul Saban
tnraw-1Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW), merupakan taman nasional seluas 105.194 Ha yang meliputi 4 Kabupaten yaitu Kolaka, Konawe Selatan Konawe Selatan dan Bombana.

Ada 5 gerbang untuk memasuki taman nasional ini yaitu, dari daerah Lanowulu (kantor TNRAW) berjarak 150 km dari Kendari, Rawa Aopa sekitar 120 km dari Kendari, dan Padang Savana Lanowulu. Bila menuju kawasan mangrove, dari Kendari, meluncurlah ke Pantai Lanowulu dengan boat selama 45 menit. Tapi ini sangat riskan. Pilihan lain yang lebih mudah dan aman yaitu, dari Kendari menuju Tinanggea dengan kendaraan. Kemudian dilanjutkan menuju muara Lanowulu dengan boat selama 45 menit. Speedboat dapat disewa dengan mudah dari masyarakat setempat.

Untuk melihat atraksi burung air, burung endemik Sultra maupun migrasi dari Australia, anda bisa dapatkan itu di Rawa Aopa seksi II, lokasi ini bisa ditempuh 1,5-2 jam menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum dari Kendari, ibu kota Sulawesi Tenggara. Jika menyewa mobil biayanya sekitar Rp 500.000 per hari, di luar bahan bakar. Biaya bisa lebih ringan jika ditanggung bersama teman-teman seperjalanan.
tnraw-2
Selain bersampan, memancing ikan serta mengamati burung di rawa, Hiking dan camping di Gunung Watumohai – Mendoke, menjelajah hutan dan mengamati kehidupan satwa liar (burung, rusa kera, kupu-kupu), hidup di rumah pohon di Hutan Pendidikan Tatangge, menjelajah mangrove di Pantai Lanowulu, bersafari sambil mengamati rusa yang hidup di alam liar sampai menikmati savana di Lanowulu – Langkowala, adalah serangkaian aktifitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai Air Terjun Pinanggosi yang cantik dan menderu kencang dari ketinggian sekitar 30 meter.
tnraw-3 tnraw-4

Ingin ke Rawa Aopa, tapi gak mo repot?
Kontak Kami: “Bening Avonturir”
timkecil_kdi@telkom.net
+6281140010 (Kokoh)
+628134172535 (Indar)

Advertisements

4 Responses

  1. Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmm….
    kapan lagi bisa ke rawa aopa ya???
    rindu pengen liat teratai dan burung air neh…

  2. rawa aopa… aku ingin sekaaaaaaaali kembali melihat mu! Ikan-ikan yang segarrrrrrrr, kelelpak burung air … weeeeeeeeeeeiiiiiiihhhhhh…. ngiler aku !
    wakakakakakakakakakakkkkkk

  3. mau bertanya ni,,,
    bagaimana dengan fasilitas disana???
    seperti rumah sakit terdekat, wisma untuk100 org, catering, dan kota terdekat serta kendaraan yang bisa digunakan untuk mengelilingi taman nasional ini ????
    apakah memadai ???
    dan kira2 berapa budgetnya?

    thx.

  4. buat mas/mbak Boru…
    untuk saat ini, fasilitas penginapan di lokasi rawa belum memadai. pengunjung biasanya menginap di kantor balai atau kemah di pulau harapan. pulau harapan sendiri, agak jauh dari interaksi penduduk setempat. Untuk alasan keamanan, pengunjung bisa meminta pendampingan dari petugas Balai Taman Nasional Rawa AOpa.

    sedang fasilitas rumah sakit, di sana hanya ada Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) jaraknya 2 KM dari lokasi rawa.
    soal catering, anda bisa menyewa jasa penduduk setempat. tergantung penawaran.

    untuk mengelilingi taman nasional seluruhnya, disarankan menggunakan kendaraan roda empat. sebab, jarak tempuh yang jauh antara sektor satu dengan yang lainnya. namun untuk mengelilingi rawa, pengnjung harus menyewa perahu katinting, penduduk setempat menyediakan layanan ini.

    jika anda ingin mengorganizer sendiri, selahkan hubungi Balai Taman NAsional RAwa Aopa Watumohai,
    Cp. Budi Prasetyo
    0813 4163 3383

    semoga liburan anda menyenagkan…
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: