Selokan & Areal Konservasi di Serbu Pendulang

SCTV 12/10/2008 18:18 Demam Emas, Warga Menambang Selokan

Liputan6.com, Kendari: Demam emas tampaknya benar-benar melanda sebagian masyarakat Sulawesi Tenggara. Setelah dihebohkan dengan penemuan dua lokasi tambang emas di Kabupaten Bombana dan Kolaka, warga Kota Kendari juga mencoba peruntungan dengan mendulang emas di selokan.

Mengais dan mengorek selokan berbau busuk. Itulah yang dilakukan sejumlah warga sejak pagi hingga sore dengan peralatan seadanya. Wajan pun jadi alat mendulang. Hasilnya cukup mencengangkan. Setiap pendulang bisa memperoleh satu hingga dua gram emas sehari.

Demam emas ini bermula dari seorang pengais sampah yang melihat butiran berkilau dari selokan dekat toko penjual emas. Setelah diteliti, ternyata butiran tersebut memang logam mulia.

Sebelumnya, masyarakat menemukan dua lokasi tambang emas di Kabupaten Bombana dan Kolaka. Namun penemuan lokasi ini menimbulkan polemik sebab berada dalam kawasan konservasi. Diperkirakan jumlah para pendulang sudah mencapai seribuan berpotensi besar merusak kawasan tersebut [baca: Lagi, Tambang Emas Ditemukan].(TOZ/Arwan Ganda Saputra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: