Konflik Pengelolaan Emas Bombana

SCTV 09/10/2008 05:16 Demonstrasi Menentang Penutupan Tambang Emas Ricuh

Liputan6.com, Bombana: Sejumlah mahasiswa yang memprotes penutupan areal tambang emas di Bombana, Sulawesi Tenggara, saling dorong dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja, Rabu (8/10). Keributan bermula saat mahasiswa berusaha memasuki kantor Bupati Bombana, namun ditahan di pintu masuk kantor oleh petugas Satpol PP.

Mahasiswa berusaha menerobos barikade petugas dengan mobil yang digunakan untuk berunjuk rasa. Kericuhan sempat mereda saat bupati bersama rombongan tiba di kantor. Namun situasi ini tidak berlangsung lama. Mahasiswa saling debat dengan Bupati Bombana Atiku Rahman soal tuntutan mahasiswa.

Bupati marah karena dituding mahasiswa tidak bisa menjalankan tugas dengan benar. Selain itu mahasiswa menganggap bupati sengaja menutup lokasi tambang emas demi kepentingan investor dengan berkedok kemaslahatan rakyat.

Untuk itu mahasiswa menuntut bupati segera membuka kembali lokasi tambang emas yang telah ditutup. Mereka juga menolak rencana kedatangan investor asing dan aturan retrebusi yang diberlakukan pemda segera dicabut karena dianggap merugikan warga. Bupati kemudian meninggalkan para pengunjuk rasa karena dianggap tidak bisa diajak berdialog. Sementara mahasiswa mengancam jika pekan depan tuntutan tidak terpenuhi akan digelar unjuk rasa besar-besaran.

Setelah ditemukannya emas di Sungai Tahi Ite di Desa Raurau, Kabupaten Bombana, September lalu, di ibu kota berjarak 170 kilometer dari sebelah selatan Kota Kendari ini banyak muncul masalah. Karena itu sekitar 25 ribu warga yang sebelumnya berada di lokasi tambang emas di Desa Rau-Rau dipulangkan. Sementara lokasi tambang dijaga ketat tentara dan polisi [baca: Lokasi Penambangan Emas Dijaga Polisi].

Tumpang tindih atas kepentingan tambang emas ini kian menimbulkan masalah. Bupati berjanji akan membuka lagi lokasi tambang pada 1 November mendatang setelah segala aturan administrasi selesai.(IAN/Arwan Ganda Saputra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: