Lembar Informasi 2008-07 Diperlukan Kesungguhan Untuk Mewujudkan Keterjaminan Air di Sulawesi Tenggara

Diperlukan Kesungguhan Untuk Mewujudkan Keterjaminan Air di Sulawesi Tenggara

DIAPIT gunung, lembah dan sungai tak berarti Sulawesi Tenggara akan terhindar dari krisis air. Kondisi sejumlah wilayah menunjukkan ketika musim kemarau melanda, pasokan air akan menyusut dan sebaliknya bila musim hujan tiba sejumlah wilayah akan digenangi air dan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar. Tiap tahun, air bahkan mengalami pengurangan debit.

Beberapa faktor menjadi penyebab mengapa pasokan air, antara lain kemampuan lahan terhadap erosi, banjir, tanah longsor dan kekeriangan. Iklim dan curah hujan yang bisa menimbulkan daya rusak terhadap hamparan lahan dan aktivitas manusia terhadap alamnya,baik berupa penggunaan lahan maupun hutan yang melampui daya dukung wilayahnya. Aktivitas tersebut seringkali tidak mengikuti kaidah konservasi tanah dan air hingga merusak ekosistem secara keseluruhan.

Di Sulawesi Tenggara, aliran air dipasok oleh 14 Daerah Aliran Sungai atau DAS (lihat tabel). Data BPDAS Sampara menunjukkan keseluruhan DAS prioritas tersebut mengalami ancaman kekeringan apabila aktivitas manusia yang melampaui daya dukung alam tak segera dihentikan.

Contoh nyata dapat dilihat pada DAS Konaweha se-luas 715,067,81 hektar yang menjadi sumber kehidupan warga Kolaka Utara, Kolaka, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan dan Kota Kendari. DAS tersebut kini mengalami sedimentasi sebesar 295,92 ton per tahun yang dipicu oleh penggundulan hutan dan pembangunan yang tak terencana.

Kerusakan DAS otomatis akan menyebabkan ter-gganggunya kualitas hidup warga yang tergantung pada air tersebut. Karena itu diperlukan pendekatan sistem yang terencana untuk menganalisis model hidrologi, pengelolaan tanah dan kebijakan daerah serta pengorganisasian yang melibatkan warga pengguna air agar pengelolaan DAS bisa padu padan dengan satu tujuan menjaminkan ketersediaan air untuk warga Sulawesi Tenggara. Pengelolaan DAS yang memperhitungkan berbagai aspek akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi , sosial dan ekologi.

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:
FAISAL MISRAN
Kantor BPDAS Sampara
Jl Balaikota No 13 Telepon 0401-321063

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: