Radio Komunitas Talombo

Radio Komunto juga telah melakukan tindakan tepat ketika menyiarkan berita terdamparnya sebuah kapal dengan 11 ABK. Siaran komunitas itu didengar para nelayan yang hendak melaut, sebagian diantara mereka mengatakan akan memberi informasi dan menolong bila di tengah laut bertemu dengan kapal terdampar itu. Dan hasilnya, kapal terdampar itu ditemukan. Seluruh ABK selamat.

“Kami senang sekali bisa menolong mereka, rasanya seperti menolong diri sendiri,” kata Abbas, Ketua Forum organisasi nelayan yang juga penginisiator berdirinya radio komunitas di Tomia itu.

Seperti halnya Kaledupa, Tomia juga harus dijangkau dengan kapal-kapal laut. Wilayah ini memiliki topografi berbukit dan dihalangi perairan yang luas.

Bagi warga yang mendengar radio komunitas, meski seringkali terkendala teknis, namun radio komunitas tak sekadar jadi hiburan dengan lagu dangdutnya, tapi juga memberi kabar-kabar secara cepat.

radio-komunitas-talombo-1.jpgradio-komunitas-talombo-2.jpg

radio-komunitas-talombo-3.jpgradio-komunitas-talombo-4.jpg

Advertisements

2 Responses

  1. Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia memproduksi seri BaKTINews on Air yang memuat informasi-informasi praktik cerdas dan lesson learnt yang diambil dari majalah BaKTINews.
    BaKTINews on Air diperuntukkan khusus bagi stasiun radio, terutama radio komunitas, di Kawasan Timur Indonesia dan didistribusikan secara cuma-cuma untuk diseminasi informasi yang lebih luas melalui media radio.

    Kami ingin berbagi dengan Radio Komunitas Talombo, dan karenanya boleh kami minta alamat Radio Komunitas Talombo agar dapat mendistribusikan seri BaKTINews on Air ini?

    Sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

    Kiko
    Unit Publikasi
    Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI)

  2. Kiko,dengan senang hati kami akan membagi informasi tersebut. termasuk bila diperlukan sejumlah radio lainnya, baik di Kahedupa maupun di jaringan radio komunitas lainnya. Untuk alamat pengiriman mereka, karena letak geografis Tomia yang berat dan tidak terjangkau pos kami sarankan mengirim majalah tersebut ke kantor WWF-Indonesia, Jl Malik 2 No 15 A Kendari, selanjutnya akan kami distribusikan pada jaringan radio komunitas tersebut (ini bila tak keberatan).
    salam
    Indar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: